Pengembangan Media Pembelajaran Latihan Soal Mandiri dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa pada Materi Pokok Fluida Statis.

Tabulagatta, Raimondus and Suparwoto, Suparwoto (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Latihan Soal Mandiri dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa pada Materi Pokok Fluida Statis. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
........ ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui tingkat kelayakan Latihan Soal Mandiri (LSM) dengan menggunakan macromedia flash 8 sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa pada materi pokok fluida statis, dan (2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan minat belajar siswa menggunakan latihan soal mandiri dengan menggunakan macromedia flash 8 pada materi pokok fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel (1974: 5). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan pengembangan rancangan awal Latihan Soal Mandiri dengan menggunakan macromedia flash 8 dan instrumen penelitian. Tahap develope untuk menghasilkan RPP, Silabus dan Latihan Soal Mandiri dengan menggunakan macromedia flash 8 yang telah divalidasi dan direvisi berdasarkan kritik dan saran dari validator ahli dan validator praktis, pelaksanaan uji coba terbatas, dan uji coba operasional. Tahap disseminate dilakukan penyebaran Latihan Soal Mandiri dengan menggunakan macromedia flash 8 dalam skala yang luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Latihan Soal Mandiri dengan menggunakan macromedia flash 8 layak digunakan dalam pembelajaran fisika dan dalam kategori sangat baik dilihat dari analisis validasi CVI. Latihan Soal Mandiri dengan menggunakan macromedia flash 8 memperoleh nilai CVI sebesar 1 dan hasil kuesioner siswa sebesar 0,39 dengan kategori sangat baik. Peningkatan minat belajar siswa SMA N 1 Sanden mengalami peningkatan dari 2,68 naik menjadi 3,21 atau sebesar 0,54 dalam kategori sedang. Sedangkan untuk peningkatan pemahaman konsep siswa SMA N 1 Sanden meningkat dari 51 naik menjadi 69 dalam kategori sedang. Kata-kata Kunci: LSM, Macromedia Flash 8, Fluida Statis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:05
Last Modified: 06 Mar 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41754

Actions (login required)

View Item View Item