PENGARUH PENYIRAMAN HASIL BIODEGRADASI DAUN OLEH KEONG MAS (Pomacea canaliculata L .) TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens)

Purnamasari, Fitri (2016) PENGARUH PENYIRAMAN HASIL BIODEGRADASI DAUN OLEH KEONG MAS (Pomacea canaliculata L .) TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FITRI PURNAMASARI.pdf

Download (714B) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyiraman hasil biodegradasi daun oleh keong mas (Pomacea canaliculata L.) terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens) dan mengetahui konsentrasi optimum N, P, K yang terkandung pada hasil biodegradasi daun oleh keong mas yang berukuran 5 cm, 4 cm, 3 cm dan 2 cm terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman cabai rawit. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pola Rancangan Acak Lengkap yang dilakukan pada bulan Januari-Mei 2016 di Kebun Biologi FMIPA UNY. Penyiraman berasal dari air hasil pemeliharaan keong dengan ukuran tiap bak yaitu A=5cm, B=4cm, C=3cm dan D=2cm. Air tersebut diuji kandungan N, P, dan K di BPTP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyiraman hasil biodegradasi daun oleh keong mas memberikan pengaruh signifikan pada tinggi tanaman, jumlah daun 7 hst, 14 hst, 21 hst, panjang akar, bobot basah dan bobot kering. Namun penyiraman hasil biodegradasi tidak memberikan pengaruh signifikan pada jumlah daun 28 hst dan 35 hst serta kadar klorofil total. Penyiraman hasil biodegradasi daun oleh keong mas yang berukuran 5 cm, berat 210gr/10 keong dengan konsentrasi N 0,010%, P 0,005% K 0,045% memberikan hasil terbaik pada tinggi tanaman, jumlah daun, panjang akar, bobot basah, dan bobot kering tanaman cabai rawit. Kata kunci: Biodegradasi, keong mas, ukuran keong, cabai rawit.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:04
Last Modified: 30 Jan 2019 11:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41751

Actions (login required)

View Item View Item