DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR MEKANIK KELAS 1 PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMOTIF SMK TAMAN SISWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Andi, Prasetyo (2016) DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR MEKANIK KELAS 1 PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMOTIF SMK TAMAN SISWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ANDI PRASETYO 06504241011.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR MEKANIK KELAS 1 PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMOTIF SMK TAMAN SISWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Oleh: Andi Prasetyo 06504241011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kesulitan belajar siswa yang bersumber dari diri sendiri; (2) Kesulitan belajar siswa yang bersumber dari lingkungan sekolah; (3) Kesulitan belajar yang paling banyak dialami siswa pada materi menggunakan alat-alat ukur mekanik. (4) Kesulitan belajar yang paling berat yang dialami siswa pada materi menggunakan alat-alat ukur mekanik; dan (5) Cara mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi menggunakan alat-alat ukur mekanik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jumlah anggota populasinya adalah 146 siswa dan seluruh populasi dijadikan objek penelitian. Pupulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 Program Studi Teknik Otomotif SMK Taman Siswa Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Teknik ini digunakan untuk mengetahui besarnya kesulitan belajar yang dialami siswa pada kompetensi menggunakan alat-alat ukur mekanik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sumber kesulitan belajar siswa yang berasal dari diri sendiri berkategori tinggi yaitu mencapai 75,32%; (2) Kesulitan belajar yang dialami siswa yang bersumber dari lingkungan sekolah berkategori rendah yaitu sebesar 40, 14%; (3) Kesulitan belajar siswa yang paling banyak dialami oleh siswa pada kompetensi menggunakan alat-alat ukur mekanik adalah pada materi membaca hasil pengukuran mistar geser dengan tingkat ketelitian 1/128 inchi yaitu sebesar 64,30%; (4) Kesulitan belajar siswa yang paling berat dialami oleh siswa pada kompetensi menggunakan alat-alat ukur mekanik adalah pada materi membaca hasil pengukuran mistar geser dengan tingkat ketelitian 1/128 inchi yaitu sebesar 25,34%; dan (5) Cara siswa mengatasi kesulitan belajar pada kompetensi menggunakan alat-alat ukur mekanik adalah dengan cara bertanya dengan teman yang lain yang telah memahami materi yang telah diajarkan oleh guru yaitu sebesar 36,30%. Kata Kunci: Diagnosis Kesulitan Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Sep 2016 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 11:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41750

Actions (login required)

View Item View Item