GURU TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS XI MATA DIKLAT PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN CHASIS DAN SISTEM PEMINDAH TENAGA KOMPETENSI KEAHLIAN KENDARAAN RINGAN SMK PIRI SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Akhmad Agus Riyatno, Akhmad Agus Riyatno (2016) GURU TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS XI MATA DIKLAT PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN CHASIS DAN SISTEM PEMINDAH TENAGA KOMPETENSI KEAHLIAN KENDARAAN RINGAN SMK PIRI SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
AKHMAD AGUS RIYATNO 06504244015.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

GURU TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS XI MATA DIKLAT PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN CHASIS DAN SISTEM PEMINDAH TENAGA KOMPETENSI KEAHLIAN KENDARAAN RINGAN SMK PIRI SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012 Oleh : Akhmad Agus Riyatno NIM. 06504244015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap kebiasaan belajar siswa pada mata diklat Pemeliharaan dan Perbaikan Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga (PPCSPT). Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Jumlah anggota populasi penelitiannya kurang dari 100, sehingga seluruh populasi dijadikan objek penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI pada mata diklat Pemeliharaan dan Perbaikan Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga (PPCSPT) yang berjumlah 85 siswa. Metode pengambilan data menggunakan metode angket dengan skala likert. Validitas instrumen penelitian dihitung menggunakan korelasi Product Momen, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Chronbach. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis uji beda atau uji t satu ekor yakni independent samples T test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kebiasaan belajar siswa yang mempunyai persepsi positif mengenai metode mengajar guru dengan kebiasaan belajar siswa yang mempunyai persepsi negatif mengenai metode mengajar guru, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil t hitung sebesar 2,854 > t tabel 1,663 pada taraf signifikan α = 5% dan tingkat signifikansi (probability) sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu kebiasaan belajar siswa yang mempunyai persepsi positif mengenai metode mengajar guru, akan lebih baik dari pada siswa yang mempunyai persepsi negatif mengenai metode mengajar guru. Artinya ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru (X) terhadap kebiasaan belajar siswa pada mata diklat Pemeliharaan dan Perbaikan Chasis dan Sistem

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Sep 2016 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 11:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41749

Actions (login required)

View Item View Item