IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR STRUKTUR FUNGSI JARINGAN HEWAN PADA SISWA KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Anggraini, Aprilia Dwi (2016) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR STRUKTUR FUNGSI JARINGAN HEWAN PADA SISWA KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
APRILIA DWI ANGGANI.pdf

Download (716B) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak kesulitan belajar dan faktor dominan penyebab kesulitan belajar struktur fungsi jaringan hewan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan. Kesulitan belajar adalah gejala yang nampak pada siswa ditandai dengan prestasi belajar yang rendah. Prestasi belajar peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, prestasinya lebih rendah bila dibandingkan dengan prestasi belajar teman-temannya, atau prestasi belajar sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini juga merupakan sampel karena jumlahnya sedikit, yaitu 60 orang siswa yang nilainya rendah. Instrumen berupa soal ulangan harian struktur fungsi jaringan hewan dan angket. Analisis data dengan analisis butir soal menggunakan program QUEST untuk mengetahui letak kesulitan belajar dan analisis deskriptif untuk mengetahui faktor dominan penyebab kesulitan belajar. Hasil analisis menunjukkan kesulitan belajar struktur fungsi jaringan hewan kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan terletak pada sub materi struktur dan fungsi jaringan otot serta struktur dan fungsi jaringan saraf. Faktor dominan yang berpengaruh yaitu faktor materi. Kata kunci: kesulitan belajar, SMA Negeri 1 Muntilan, struktur fungsi jaringan hewan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:04
Last Modified: 30 Jan 2019 11:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41746

Actions (login required)

View Item View Item