UPAYA PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA DALAM MERODA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SIDOLUHUR KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Lesmono, Joni Budi (2016) UPAYA PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA DALAM MERODA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SIDOLUHUR KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keberanian siswa kelas IV SD Negeri 2 Sidoluhur Kecamatan Ambal pada pembelajaran meroda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian dalam meroda siswa kelas IV SD Negeri 2 Sidoluhur Kecamatan Ambal melalui pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Sidoluhur Kecamatan Ambal berjumlah 35 orang terdiri atas 16 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Instrumen penelitian, yaitu: rubrik penilaian keberanian siswa dalam meroda. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Indikator keberhasilan, yaitu keberanian siswa minimal sebanyak 75% dari total siswa tuntas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keberanian siswa dalam melakukan gerakan meroda melalui pendekatan bermain meningkat, hal ini ditunjukkan dengan hasil tingkat keberanian siswa dalam melakukan meroda pada siklus I pertemuan pertama sebesar 51,43% kemudian meningkat pada pertemuan kedua yaitu sebesar 77,14%, maka maka penelitian dikatakan berhasil, tetapi masih ada delapan anak yang belum meningkat keberaniannya dalam melakukan gerakan meroda, namun karena jam tatap muka senam habis, maka tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keberanian, senam lantai meroda, pendekatan bermain
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:45
Last Modified: 30 Jan 2019 11:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41745

Actions (login required)

View Item View Item