MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN DETEKTIF PADA ANAK USIA KELOMPOK A DI TK ABA CANDI PURWOBINANGUN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

Santi, Ambarani (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN DETEKTIF PADA ANAK USIA KELOMPOK A DI TK ABA CANDI PURWOBINANGUN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui permainan detektif pada anak usia kelompok A TK ABA Candi Purwobinangun Pakem Sleman. Hasil belajar anak diharapkan mampu menyebutkan lambang bilngan sesuai urutan 1-10, menunjuk lambang bilangan 1-10, dan memasangkan lambang bilangan dengan benda bergambar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan cara kolaraboratif yaitu peneliti bekerja sama dengan guru. Subjek penelitian yaitu anak-anak yang berjumlah 20 anak dilakukan di kelompok A2, yang terdiri 13 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus terdiri dari 3 kali pertemuan untuk satu siklus. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dipandang berhasil jika siswa yang mencapai sekor di atas rerata minimal 75% dari jumlah siswa di kelas tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan dapat ditingkatkan dan permainan detektif dengan langkah-langkah sebagai berikut 1). Anak dikondisikan dengan berkelompok yang masing-masing terdiri dari 5 anak, 2). Anak diberi penjelasan tentang permainan yang akan dilakukan yaitu permainan detektif, 3). Anak diberi contoh cara melakukan permainan ini, 4). Anak disuruh mencari lambang bilangan yang telah disembunyikan, 5). Anak yang mendapatkan lambang bilangan lalu ia mulai mengurutkan sesuai lambang bilangan dan dapat memasangkan sesuai jumlah gambar. Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan dapat dilihat dari kondisi sebelum tindakan sebesar 57,50%, pada Siklus I sebesar 71,66% dengan peningkatan sebesar 14,16% dan pada Siklus II sebesar 78,75% dengan peningkatan sebesar 21,25%. Kata kunci: mengenal lambang bilangan, permainan detektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Sep 2016 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 11:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41743

Actions (login required)

View Item View Item