ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER DUA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA DI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/ 2O016

Qhalifia, Velia Dinan (2016) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER DUA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA DI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/ 2O016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan IPA.

[img]
Preview
Text
VELIA DINAN QHALIFIA.pdf

Download (716B) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ulangan Tengah Semester Dua pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2015/ 2016 secara kualitatif dan kuantitatif, serta kaitannya dengan pengalaman mengajar guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian adalah 5 paket soal ulangan tengah semester dua tahun ajaran 2015/ 2016 yang dibuat oleh guru biologi Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis butir soal dilakukan secara kualitatif berdasarkan pemenuhan aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta secara kuantitatif berdasarkan kesesuaian item dengan model Rasch, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas butir soal Ulangan Tengah Semester Dua pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2015/ 2016 secara kualitatif adalah baik, namun secara kuantitatif tergolong kurang baik. Kualitas butir soal Ulangan Tengah Semester Dua pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo secara kualitatif dan kuantitatif tidak berkaitan dengan pengalaman mengajar guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:03
Last Modified: 30 Jan 2019 11:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41742

Actions (login required)

View Item View Item