ANNISA ADIYATI AZHARI

Gama Setyoningsih, Gama Setyoningsih (2014) ANNISA ADIYATI AZHARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas dan misi menyiapkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga kependidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar melalui berbagai mata kuliah kependidikan salah satunya yaitu PPL. PPL adalah kegiatan latihan kependidikan yang bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi dalam rangka memenuhi persyaratan sebagai tenaga kependidikan yang profesional sesuai dengan tugas dan misi universitas. Sebelum melaksanakan kegiatan PPL, praktikan telah melaksanakan pengajaran mikro dan dinyatakan dengan niali baik. Sebelum penerjunan ke lokasi PPL praktikan lebih dahulu melakukan observasi ke lokasi, yaitu di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 2 Juli-17 September 2014. Dalam kegiatan PPL ini praktikan mengampu mata pelajaran Biologi untuk kelas XII IPA 3 dan XII IPA 4, dengan materi Pertumbuhan dan Perkembangan, serta kelas XI CI dengan materi Sistem Pernapasan dan Sistem Ekskresi. Setiap minggu praktikan mengajar selama 5 jam pelajaran untuk masing-masing kelas. Rinciannya yaitu untuk kelas XII IPA 2 yaitu 2 jam pelajaran pada hari Senin dan 3 jam pelajaran pada hari Selasa, XII IPA 1 yaitu 3 jam pelajaran pada hari Senin dan 2 jam pelajaran pada hari Rabu, XII IPA 3 yaitu 2 jam pelajaran di hari Rabu dan 3 jam di hari Kamis, XII IPA 4 3 jam pelajaran di hari Rabu dan 2 jam di hari Kamis. Sedangkan untuk kelas XI CI, 3 jam pelajaran pada hari senin dan 2 jam pelajaran pada hari kamis. Praktikan merasa bahwa dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini mendapat banyak pengalaman tentang dunia kependidikan secara lebih dekat. Program kerja yang dirancang pada awal kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan lancar. Secara garis besar, kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, pembuatan administrasi mengajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses belajar mengajar hingga evalusi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada masih dalam taraf wajar, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama dibidang pendidikan. Adapun saran untuk pihak sekolah agar lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran, serta pengadministrasian yang lebih tertata, khususnya dalam hal ini yaitu pengelolaan Laboratorium Biologi yang berkaitan dengan matapelajaran yang praktikan ampu. Selanjutnya, bagi pihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa PPL terkait dengan proses pembelajaran lebih ditingkatkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Sep 2016 00:25
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41735

Actions (login required)

View Item View Item