LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL

ANNISA ADIYATI AZHARI, ANNISA ADIYATI AZHARI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang professional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMA Negeri 5 Yogyakarta yang berlangsung selama kurang lebih 12 Minggu, sejak tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. SMA Negeri 5 Yogyakarta beralamat di Jalan Nyi Pembayun No.39, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian kegiatan PPL UNY di SMA N 5 Yogyakarta. Kegiatan PPL adalah mengajar mata pelajaran sesuai dengan bidangnya masingmasing. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing, dosen pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan media pembelajaran, penugasan dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan mulai tanggal 9 Agustus sampai 6 September 2014. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 8 kali dalam praktiknya. Penyusun telah mengajar sebanyak 19 kali pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 45 menit dan 3 x 45 menit setiap pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Penyusun telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Sep 2016 00:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41734

Actions (login required)

View Item View Item