LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Aseri Kusumawati, Aseri Kusumawati (2014) LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa prodi pendidikan untuk memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan di SMA Negeri 5 Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Nyi Pembayun No. 39 Kotagede Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014. Persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil menjadi pokok utama untuk melaksanakan PPL. Persiapan yang dilakukan adalah observasi sekolah dan observasi kelas termasuk peserta didik saat pembelajaran berlangsung yang dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2014. Di bawah bimbingan Bu Dra. C. Tri Wedaringsih selama pelaksanaan PPL Pendidikan Kimia, program-program PPL dapat berjalan dengan baik. Hal-hal yang dilakukan adalah mempersiapkan pembelajaran (seperti membuat RPP, media pembelajaran, metode, dan soal-soal evaluasi), praktik mengajar dengan Kurikulum 2013 untuk materi Kimia Teori Atom Bohr dan Mekanika Kuantum, Bilangan Kuantum, Konfigurasi Elektron, dan Hubungan Konfigurasi Elektron dengan Sistem Periodik Unsur. Kelas yang diajari adalah kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XI MIA 4, XI MIA 5, dan XI MIA 6 dengan rata-rata jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL disusun dan dilaksanakan denga baik. Program ini memberikan pengalaman yang sangat membantu mahasiswa dalam mematangkan ilmu yang didapat di bangku kuliah dan mengetahui karakter peserta didik SMA yang sangat ingin tahu. Meskipun selama kegiatan PPL terdapat hambatan dan kendala, namun semua dapat dihadapi dengan kerjasama dari semua pihak. Akhir kata dengan adanya kegiatan PPL ini mahasiswa diharapkan banyak mendapatkan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan dari berbagai pihak serta dapat mengamalkan ilmu yang telah diperoleh dan menjadikan mahasiswa berfikir lebih kreatif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Sep 2016 23:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41732

Actions (login required)

View Item View Item