Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara

Azan, Azan (2011) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-azan-08705251008.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran nyata tentang: (1) kualitas RPP yang disusun oleh guru IPS di SMP Negeri Kota Bau-Bau, (2) kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru IPS di SMP Negeri Kota Bau-Bau, dan (3) kualitas penilaian hasil belajar yang dilaksanakan oleh guru IPS di SMP Negeri Kota Bau-Bau. Populasi penelitian ini adalah guru IPS di SMP Negeri Kota Bau-Bau. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPS yang mencakup kualitas RPP, kualitas proses pembelajaran, dan kualitas penilaian hasil belajar oleh guru IPS di SMP Negeri Kota Bau-Bau. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) angket, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) lembar kuesioner, (2) panduan observasi, dan (3) lembar dokumentasi. Model evaluasi yang digunakan adalah model Stake. Analisis data secara deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan dan menentukan tingkat kategorisasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas RPP yang disusun oleh guru IPS di SMP Negeri Kota Bau-Bau terdapat 100% masuk kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa guru sudah menyusun RPP secara sistematis sesuai dengan Permendiknas nomor 41 tahun 2007 dan disesuaikan dengan kondisi belajar siswa; (2) Kualitas proses pembelajaran di kelas yang dilaksanakan oleh guru IPS di SMP Negeri Kota Bau-Bau terdapat 66,7% masuk kategori sangat baik, 33,4% masuk kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa para guru konsisten dalam melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan RPP yang sudah dibuatnya; dan (3) Kualitas penilaian hasil belajar yang dilaksanakan oleh guru IPS di SMP Negeri Kota Bau-Bau terdapat 100% masuk kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan penilaian secara baik dengan mengacu pada ketentuan Permendiknas nomor 20 tahun 2007. Pada kegiatan tindak lanjut yaitu sebanyak 100% guru IPS melaksanakan remedi kepada siswa yang belum mencapai KKM, sedangkan pengayaan kepada siswa yang sudah mencapai KKM baru dilaksanakan oleh 50% guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 27 Sep 2016 08:39
Last Modified: 27 Sep 2016 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41728

Actions (login required)

View Item View Item