Pengaruh Pendekatan Bermain, Intruksi Langsung dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Sepakbola Peserta Ekstrakurikuler SMA Negeri di Purwokerto Timur (Studi Eksperimen dengan Pendekatan Bermain dan Pendekatan Intruksi Langsung pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Negeri 2 Purwokerto dan SMA Negeri 5 Purwokerto)

Pradana, Yanuar Dian (2016) Pengaruh Pendekatan Bermain, Intruksi Langsung dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Sepakbola Peserta Ekstrakurikuler SMA Negeri di Purwokerto Timur (Studi Eksperimen dengan Pendekatan Bermain dan Pendekatan Intruksi Langsung pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Negeri 2 Purwokerto dan SMA Negeri 5 Purwokerto). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yanuar-dian-pradana-14711251111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara pendekatan bermain dan pendekatan intruksi langsung terhadap keterampilan sepakbola, (2) perbedaan pengaruh antara peserta yang memiliki motivasi berpretasi tinggi dan yang memiliki motivasi berprestasi rendah terhadap keterampilan sepakbola, dan (3) interaksi antara pendekatan bermain dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan sepakbola. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dan sampel penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 2 Purwokerto dan SMA Negeri 5 Purwokerto dengan jumlah 34 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari tiga variabel: (1) variabel independent yakni pendekatan bermaindan pendekatan intruksi langsung, (2) variabel atribut yakni motivasi berprestasi, dan (3) variabel dependent yakni keterampilan sepakbola. Seluruh data penelitian diperoleh melaluhi tes dan pengukuran. Instrumen motivasi berprestasi diukur menggunakan angket motivasi berprestasi dan keterampilan sepakbola diukur dengan Pengembangan David Lee yang dibuat oleh Subagyo Irianto padat ahun 2010. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) dua jalur, yang dilanjutkan dengan uji tentang Pairwise Comparisons pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan yaitu pendekatan bermaindan pendekatan intruksi langsung terhadap keterampilan sepakbola, terbukti dari nilai p = 0.00 < 0.05, (2) ada perbedaan yang signifikan hasil keterampilan sepakbola antara peserta ekstrakurikuler yang memiliki motivasi berpretasi tinggi dan yang memiliki motivasi berprestasi rendah, terbukti dari nilai p = 0.004 < 0.05, dan (3) ada interaksi antara pendekatan bermain dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan sepakbola, terbukti dari nilai p = 0.05 ≤ 0.05. Kelompok peserta yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tepat dilatih dengan pendekatan bermain, sedangkan peserta yang memiliki motivasi berprestasi rendah lebih tepat dilatih dengan pendekatan intruksi langsung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan bermain, intruksi langsung, motivasi, keterampilan sepakbola.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Sep 2016 04:03
Last Modified: 17 Jan 2022 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41723

Actions (login required)

View Item View Item