LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Romadoni Tricahyani, Romadoni Tricahyani (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu perkuliahan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jurusan kependidikan di UNY, dimana mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahan sampai semester 6 wajib melaksanakan kegiatan PPL di sekolah yang telah disediakan, syarat lain untuk mengikuti PPL yaitu sudah lulus dalam mata kuliah micro teaching, perkuliahan tersebut mengajarkan kepada mahasiswa untuk menjadi guru yang baik dalam kegiatan belajar mengajar. PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapat memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di dunia sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Kegiatan PPL merupakan sarana dimana mahasiswa dapat menerapkan secara langsung mengenai ilmu yang telah mereka peroleh di universitas baik secara Konsep mengajar maupun mengenai administrasi guru. Kegiatan PPL ini juga berfungsi untuk melatih mental mahasiswa dalam menghadapi anak didik secara langsung, hal ini akan memberikan pengalaman yang lebih kepada peserta PPL dan memperluas wawasan dalam proses belajar-mengajar. Dimana hal ini akan sangat bermanfaat disaat peserta didik itu menjadi tenaga pendidik. Sesuai dengan observasi yang telah dilakukan, SMA Negeri 5 Yogyakartaa memiliki fasilitas yang sudah baik, sehingga mahasiswa PPL merasa cukup terbantu dalam melaksanakan kegiatan PPL yang di laksanakan mulai tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Pelaksanaan PPL terbagi menjadi beberapa tahap yaitu observasi, persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi pembelajaran. kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi rencana pembelajaran dan media kepada guru pembimbing terlebih dahulu.kegiatan praktek mengajar dilaksanakan di kelas XI IIS 1, XI IIS 2 dan XI IIS 3 secara umum berjalan lancar. metode yang dilakukan pun bervariasi mulai dari ceramah, permainan, diskusi kelompok dan presentasi Hasil pelaksanaan PPL yang dilaksakan selama dua setengah bulan di SMA Negeri 5 Yogyakarta memberikan banyak pengalaman bagi mahasiswa yang tidak didapatkan didalam perkuliahan. selain itu mahasiswa dapat mempraktikan berbagai keahlian yang diperoleh selama di kuliah. Mahasiswa dapat mengembangkan diri, belajar menjadi guru yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Sep 2016 03:00
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41721

Actions (login required)

View Item View Item