KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENGUATAN TERHADAP SISWA KELAS XI PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO TAHUN AJARAN 2011/2012

Sulha, Sulha (2016) KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENGUATAN TERHADAP SISWA KELAS XI PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sulha - 07520241006.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Keterampilan Guru Dalam Memberikan Penguatan terhadap siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Pada Mata Pelajaran Produktif Multimedia SMK N 1 Pengasih Kabupaten Kulonprogo Tahun Ajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara tidak berstruktur dan observasi terhadap guru saat mengajar di kelas. Subyek penelitian ini adalah salah satu guru siswa kelas XI Program Studi Keahlian Multimedia yang mengajarkan Mata Pelajaran Produktif Multimedia. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tahap open coding, axial coding, selective coding, selanjutnya disimpulkan, sehingga memiliki tingkat validitas yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan guru dalam memberikan penguatan sudah terampil. Guru dalam memberikan penguatan selalu memperhatikan tujuan dan manfaat, aplikasi, komponen penguatan, prinsip dan model penggunaan penguatan. Adapun cara guru dalam memberikan penguatan adalah : 1) verbal dengan cara menyampaikan kata-kata dan kalimat, 2) gestural dengan senyum dan acungan jempol, serta tepuk tangan, 3) kegiatan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membantu atau membimbing siswa lainnya dan diberikebebasan untuk belajar sambil mendengarkan musik, 4) mendekati dengan berjalan mengelilingi kelompok siswa dan mengontrol pekerjaan siswa. Kendala yang dihadapi guru adalah kelompok siswa yang kurang kompak bekerjasama dalam melakukan proses produksi. Kata kunci : Keterampilan guru, penguatan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:44
Last Modified: 30 Jan 2019 11:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41718

Actions (login required)

View Item View Item