PERSEPSI PUBLIK TERHADAP PERAN DEWAN PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA

Iwan Panji, Winata (2016) PERSEPSI PUBLIK TERHADAP PERAN DEWAN PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Iwan Panji Winata_12101241044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persepsi publik terhadap peran Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta masa jabatan 2014-2018. Peran yang dipersepsikan meliputi peran dewan pendidikan sebagai badan pertimbangan (advisory agency), badan pendukung (supporting agency), badan pengontrol (controlling agency), dan badan penghubung (mediator agency). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun lokasi penelitian di Kota Yogyakarta bertempat di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan DRPD Kota Yogyakarta. Waktu penelitian dimulai dari Bulan April sampai Bulan Juni 2016. Sampel penelitian terdiri dari unsur Komite Sekolah, Pegawai Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, dan Anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta dengan jumlah 52 ditentukan dengan teknik proportional random sampling, dari jumlah keseluruhan 108. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner/angket tertutup. Pengujian validitas menggunakan teknik korelasi product moment dari Karl Pearson, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus koefisien Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan hingga Juni 2016, persepsi publik terhadap peran Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta masa jabatan 2014-2018 sebagai badan pertimbangan (advisory agency) mayoritas berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 63,5%, sebagai badan pendukung (supporting agency) mayoritas berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 59,6%, sebagai badan pengontrol (controlling agency) mayoritas berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 62,8%, dan sebagai badan penghubung (mediator agency) mayoritas berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 65,4%. Berdasarkan keseluruhan aspek perannya, perolehan persepsi pada kategori sangat tidak baik sebesar 0,2%, pada kategori tidak baik sebesar 2,4%, pada kategori cukup sebesar 13,1%, pada kategori baik sebesar 62,7%, dan pada kategori sangat baik sebesar 21,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 11:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41713

Actions (login required)

View Item View Item