EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMAGANGAN DALAM NEGERI KEJURUAN PERBANKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN KETERAMPILAN PUSATTRAINING PERBANKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2016

Hatifah Putri Nur, Hanifah (2016) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMAGANGAN DALAM NEGERI KEJURUAN PERBANKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN KETERAMPILAN PUSATTRAINING PERBANKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Hatifah Putri Nur Hanifah_12101241005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek-aspek Program Diklat Pemagangan Dalam Negeri Kejuruan Perbankan di Pusat Training Perbankan DIY tahun 2016 yang terdiri dari (1) konteks (latar belakang, tujuan dan sasaran), (2) masukan (kurikulum, SDM, sarpras, serta pembiayaan), (3) proses (media dan metode pembelajaran, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi), dan (4) hasil (kualitas hasil belajar dan kuantitas lulusan). Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif menggunakan model evaluasi CIPP oleh Daniel Stufflebeam. Subjek penelitian ini adalah 2 orang penyelenggara, seorang pengajar, dan 5 orang peserta yang mengikuti diklat Pemagangan Dalam Negeri Kejuruan Perbankan di Pusat Training Perbankan DIY tahun 2016. Setting penelitian ini adalah Pusat Training Perbankan Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi teknik dan sumber data. Data dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konteks program diklat telah sesuai dengan latar belakang, namun tujuan tidak tertulis, dan perlu analisis mendalam untuk sasaran, (2) untuk masukan program diklat, kurikulum sesuai kebutuhan dan tujuan, penyelenggara dan pengajar sangat baik dan sesuai, perlu adanya analisis terhadap peserta terkait antusiasme, sarana dan prasarana lengkap tapi perlu dioptimalkan, serta pembiayaannya baik, (3) proses diklat, media dan metode pembelajaran baik dan sesuai, kurang optimalnya rekrutmen peserta, pelaksanaan kurang sesuai dengan jadwal, belum adanya evaluasi terstruktur, (4) hasil diklat berupa kualitas hasil belajar peserta baik dan sesuai harapan, namun kuantitas lulusan baru 60%. Secara keseluruhan program ini sebaiknya dilanjutkan dengan modifikasi atau perbaikan untuk beberapa komponennya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 11:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41710

Actions (login required)

View Item View Item