PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMEN (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEORI PEMESINAN DI SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO

Suhartono, Suhartono (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMEN (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEORI PEMESINAN DI SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Suhartono 07503244034.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT di SMK Pembaharuan Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian experiment quasi experimen. Subjek penelitian ini adalah 62 siswa kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo yang terdiri dari kelas XI TPA 30 siswa dan kelas XI TPB 32 siswa. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar angket dan lembar soal tes (pretest dan posttest). Sebelum dilakukan pengambilan data, instrument diuji validitas dan uji reliabilitasnya. Khusus untuk instrument soal pilihan ganda dilakukan analisis butir dengan tingkat kesukaran butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan uji t. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data dapat diketahui peningkatan persentase motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan memperoleh hasil perhatian 87%, relevansi 84%, percaya diri 85% dan kepuasan 86%. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TGT memperoleh hasil mean 75,78, median 75,5, modus 75, nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 55. Dari hasil uji t terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran model TGT dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional (t = 2,00, α = 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TGT, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 27 Sep 2016 01:25
Last Modified: 05 Mar 2019 00:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41707

Actions (login required)

View Item View Item