KETERCAPAIAN STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI SE-KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN

Hari, Kristiadi (2016) KETERCAPAIAN STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI SE-KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Hari Kristiadi_08101241044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketercapaian standar nasional perpustakaan sekolah di SD Negeri se-Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman pada aspek sarana dan prasarana perpustakaan merujuk pada Standar Nasional Perpustakaan yang meliputi: (1) gedung/ruang perpustakaan; (2) area perpustakaan; (3) sarana perpustakaan; dan (4) lokasi perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Subyek dan lokasi penelitian ini adalah perpustakaan SD Negeri se-Kecamatan Minggir. Obyek penelitian ini berupa ketercapaian standar nasional perpustakaan sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data menggunakan rumus persentase untuk mengetahui sumbangan tiap-tiap aspek standar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian standar nasional perpustakaan yang ditinjau dari aspek standar sarana dan prasarana: (1) sekolah yang mencapai 100% dalam aspek gedung/ruang perpustakaan yaitu 3 dari 8 sekolah, 5 sekolah lainnya berada pada kisaran ketercapaian antara 0-50%, dari keseluruhan komponen yang masih rendah tingkat ketercapaianya adalah komponen luas ruangan; (2) jumlah sekolah yang mencapai 100% dalam aspek area perpustakaan sekolah yaitu 8 sekolah yang dapat dilihat dari keseluruhan komponen aspek area perpustakaan yang dapat dicapai semua sekolah; (3) jumlah sekolah yang mencapai 100% dalam aspek sarana perpustakaan belum ada, capaian ke-8 sekolah masih berada pada kisaran ketercapaian antara 10,5-78,9%; dari keseluruhan komponen yang masih rendah tingkat capaiannya adalah rak surat kabar sedangkan capaian tertinggi adalah papan pengumuman; (4) jumlah sekolah yang mencapai 100% dalam aspek lokasi perpustakaan berjumlah 7 sekolah, sedangkan 1 sekolah lainnya belum mencapai standar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 11:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41706

Actions (login required)

View Item View Item