PENGEMBANGAN MEDIA MODUL ALAT UKUR PRESISI SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Suharjiyono, Suharjiyono (2013) PENGEMBANGAN MEDIA MODUL ALAT UKUR PRESISI SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SUHARJIYONO 07503244033.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul pembelajaran alat ukur presisi untuk siswa kelas x di SMK Muhammadiyah I Bantul yang memenuhi kualitas baik, (2) Mengetahui langkah-langkah pengembangan modul alat ukur presisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Tempat penelitian adalah SMK Muhammadiyah I Bantul berlokasi di Manding, Trirenggo, Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan angket, dan data dianalisis secara deskriptif. Penyusunan modul mengacu pada tujuh komponen yang terdiri dari (1) Tujuan pengajaran, (2) Petunjuk bagi guru, (3) Lembar kegiatan siswa, (4) Lembar kerja, (5) Kunci lembar kerja, (6) Lembar tes (evaluasi), (7) Kunci lembar tes (evaluasi). Analisis kualitas modul berdasarkan pada kriteria kualitas yaitu: (a) Kompetensi, (b) Kualitas materi, (c) Kelengkapan materi, (d) Format, (e) Organisasi, (f) Daya tarik, (g) Bentuk dan ukuran huruf, (h) Ruang Kosong, (i) Konsistensi. Pengambilan data dilakukan pada dua ahli materi, dua ahli media, dua guru SMK Muhammadiyah I Bantul, 10 siswa kelompok kecil dan 36 siswa kelompok besar. Analisis data dengan cara kuantifikasi data kualitatif, rekapitulasi data, dan perhitungan skor rata-rata tiap Aspek , dan kualifikasi data kuantitatif (skor). Hasil penelitian ini memperoleh modul yang meliputi : (1) Proses pembuatan modul dengan langkah-langkah (a) menentukan judul, (b) menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar, (c) menetapkan garis besar modul, (d) mengembangkan garis besar modul, (e) membuat draf modul dan layout, (f) membuat modul, (g) validasi ahli media dan materi, analisis, revisi I,(h) penilaian guru bidang studi,analisis, revisi II, (i) uji kelompok terbatas (10 siswa), analisis, revisi III, (f) uji lapangan (36 siswa), analisis, revisi IV, (g) produksi media modul. (2) Hasil uji kelayakan modul meliputi : (a) validasi ahli materi dengan kategori “Sangat layak”, (b) validasi ahli media dengan kategori “layak”, (c) validasi guru bidang studi dengan kategori “Sangat layak”, (d) Uji coba kelompok kecil dalam Aspek daya tarik, dan Aspek organisasi dengan kriteria “Sangat layak”, (e) Uji coba lapangan dengan kriteria “Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul, media pembelajaran
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 27 Sep 2016 01:19
Last Modified: 05 Mar 2019 00:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41703

Actions (login required)

View Item View Item