EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA PEMBELAJARAN ELEMEN MESIN DI SMK TAMTAMA KROYA

Wahyudi, Wahyudi (2016) EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA PEMBELAJARAN ELEMEN MESIN DI SMK TAMTAMA KROYA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
WAHYUDI 07503244024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA PEMBELAJARAN ELEMEN MESIN DI SMK TAMTAMA KROYA Oleh : Wahyudi NIM. 07503244024 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran elemen mesin menggunakan metode ceramah, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran elemen mesin menggunakan model STAD, (3) mengetahui efektifitas model STAD pada pembelajaran elemen mesin, (4) mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian experiment. Dalam pelaksanaannya menggunakan jenis quasi experiment. penelitian dilakukan di SMK Tamtama Kroya Cilacap dengan kelas X Teknik Pemesinan 2 (X TP2) sebagai kelompok eksperimen, kelas X Teknik Pemesinan 1 (X TP1) sebagai kelompok kontrol. Kelas X TP2 sebagai kelompok eksperimen mengalami perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative learning model STAD dalam kegiatan belajar mengajarnya, sedangkan kelas X TP1 sebagai kelompok kontrol tetap menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab dalam kegiatan belajar mengajarnya. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah memperoleh mean 72,8, modus 73, median 73, nilai tertinggi 85, dan nilai terendahnya adalah 63, (2) Hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan model STAD memperoleh mean 83,1, modus 85, median 85, nilai tertinggi 100, dan nilai terendahnya adalah 70, (3) Pembelajaran model STAD dinilai efektif diterapkan pada pembelajaran elemen mesin, hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas keaktifan siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, (4) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen, hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas pada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan model pembelajaran STAD lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah. Kata Kunci : STAD, Efektivitas, Elemen Mesin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Sep 2016 00:54
Last Modified: 30 Jan 2019 11:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41695

Actions (login required)

View Item View Item