SUGIARTO, SUGIARTO (2016) MODIFIKASI SISTEM BAHAN BAKAR KARBURATOR MENJADI SISTEM BAHAN BAKAR INJEKSI PADA SUZUKI SMASH AD 2663 ZG (TINJAUAN SISTEM BAHAN BAKAR). S1 thesis, UNY.
|
Text
Sugiarto 11509134066.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
MODIFIKASI SISTEM BAHAN BAKAR KARBURATOR MENJADI SISTEM BAHAN BAKAR INJEKSI PADA SUZUKI SMASH AD 2663 ZG (TINJAUAN SISTEM BAHAN BAKAR) Oleh: SUGIARTO 11509134066 ABSTRAK Tujuan pembuatan proyek akhir modifikasi sistem bahan bakar injeksi pada Suzuki Smash AD 2663 ZG adalah merancang modifikasi sistem bahan bakar injeksi, melakukan modifikasi sistem bahan bakar injeksi dan menguji kinerja motor setelah dilakukan modifikasi. Sehingga dapat mengetahui hasil dari modifikasi sistem bahan bakar injeksi pada Suzuki Smash yang sebelumnya menggunakan sistem bahan bakar karburator terkait dengan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan. Proses perancangan modifikasi diawali dengan pemilihan komponenkomponen injeksi yang akan digunakan, pembelian, pemeriksaan dan penyesuaian modifikasi terhadap komponen, kemudian pengaplikasian komponen-komponen tersebut pada sepeda motor seperti fuel pump, intake manifold, injector, throttle body dan fuel feed hose, kemudian diikuti dengan penjadwalan waktu kerja dan kalkulasi biaya yang akan dibutuhkan. Proses pengerjaan modifikasi sistem bahan bakar injeksi diawali dengan membeli dan mempersiapkan komponen-komponen dan peralatan yang dibutuhkan, dilanjutkan dengan proses pembuatan dudukan fuel pump dan pelampung pada tangki bahan bakar, pemasangan fuel pump dan pelampung pada tangki, kemudian proses modifikasi lubang intake dengan pemasangan intake manifold, injector, dan throttle body serta pengaplikasian fuel feed hose. Proses pengujian meliputi pengujian konsumsi bahan bakar, pengujian emisi gas buang dan pengujian performa mesin sebelum dan sesudah modifikasi untuk mengetahui perbedaan hasil pengujian sebelum dan sesudah modifikasi. Berdasarkan hasil pengujian, pada pengujian konsumsi bahan bakar menunjukkan setelah dilakukan modifikasi konsumsi bahan bakar lebih sedikit pada setiap putaran mesin yang diujikan yaitu 1500 rpm, 2000 rpm, 3000 rpm, 4000 rpm dan 5000 rpm, penurunan konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 22,6 %. Hasil uji emisi setelah dimodifikasi juga menunjukkan hasil lebih baik dibanding sebelum modifikasi yaitu penurunan kadar CO sebesar 25,19 % yang sebelumnya 7,283 % menjadi 5,448 %, serta penurunan kadar HC mencapai 94,75 % yaitu dari 4731 ppm menjadi 248 ppm. Hasil uji performa juga menunjukkan peningkatan baik daya maksimum yang sebelumnya 8,1dk/7000 rpm menjadi 9,0dk/8000 rpm dan torsi maksimum yang sebelumnya 8,90Nm/6000 rpm menjadi 9,31Nm/6500 rpm. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modifikasi sistem bahan bakar injeksi pada Suzuki Smash AD 2663 ZG dapat mengurangi konsumsi bahan bakar, memperbaiki emisi gas buang yang dihasilkan serta meningkatkan performa mesin pada sepeda motor tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 08:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41693 |
Actions (login required)
View Item |