Eliyanto, Eliyanto (2016) Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kebumen Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi-eliyanto-13704261014.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kepemimpinan Kepala SD Muhammadiyah Kebumen Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, yang terdiri atas Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kebumen, pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, dan komite sekolah. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan lima temuan. Pertama, SD Muhammadiyah Kebumen memiliki branding sebagai sekolah unggulan karena memiliki banyak kelebihan dibanding SD Muhammadiyah lain di Kabupaten Kebumen. Akan tetapi, SD Muhammadiyah Kebumen belum mampu menjadi sekolah yang terbaik di Kecamatan Kebumen karena: (a) sarana prasarana sekolah kurang memadai; (b) seringnya ganti-ganti guru, khususnya guru yang belum tetap; dan (c) kegiatan administratif sekolah masih kurang optimal. Kedua, Kepala SD Muhammadiyah Kebumen memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajaran yang efektif. Ketiga, faktor pendukung kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya di SD Muhammadiyah Kebumen, sehingga terwujud prestasi sekolah yaitu: (a) lokasi sekolah strategis; (b) peran serta orang tua/wali siswa yang baik; (c) sumber daya manusia yang kompeten; dan (d) budaya sekolah yang mendukung efektivitas kerja. Keempat, gaya kepemimpinan Kepala SD Muhammadiyah Kebumen yaitu kolektif-kolegial dan demokratis. Kelima, kepala sekolah mengaktualisasikan nilai-nilai kemuhammadiyahan dalam aktivitas menjalankan tugasnya
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan, kepala sekolah |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 08:35 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 08:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41692 |
Actions (login required)
View Item |