LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

HANDAYANI, HANDAYANI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib yang diharapkan dapat memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa praktikan dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan, serta dapat memperluas wawasan. Adapaun tujuan dari Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diantaranya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional di bidangnya sekaligus memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Dengan berbekal itu tujuan tersebut, sejumlah mahasiswa dari berbagai prodi ditempatkan di SMA Negeri 5 Yogyakarta, sejak 2 Juli 2014 – 17 September 2014 untuk melaksanakan kegiatan praktik pengembangan perangkat pembelajaran, praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Pada kesempatan PPL kali ini, sesuai dengan bimbingan dari guru pengampu mata pelajaran ekonomi, mahasiswa PPL diberi kesempatan untuk memperoleh pengalaman mengajar mata pelajaran Ekonomi dan melakukan pembelajaran di 2 kelas utama, yaitu kelas X MIA 5, XI IIS 1 serta dua kelas tambahan, XI MIA 3 dan X MIA 6. Secara umum, SMA N 5 Yogyakarta telah memiliki fasilitas yang cukup. Yang demikian termasuk sarana dan prasarana yang memadai, serta guru yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing. Karenanya, mahasiswa PPL dipersilakan dengan bebas untuk merancang program penunjang selain mengajar. Program ini pun diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alat bantu siswa SMA N 5 Yogyakarta untuk berprestasi di bidang ekonomi. Dengan tujuan tersebut, mahasiswa PPL merancang dan melaksanakan program pengadaan dan penyusunan modul ekonomi syariah. Akhirnya, kegiatan praktik mengajar dan pengadaan modul telah berhasil terlaksana dengan baik, meskipun dalam proses dan penyusunannya terdapat beberapa hambatan, namun hal tersebut bukan merupakan batu sandungan yang berarti berkat bimbingan dari Guru serta Dosen Pembimbing Lapangan. Dari kegiatan praktik mengajar dan praktik persekolahan yang telah berhasil dilaksanakan, telah didapatkan hasil bahwa peserta didik SMA Negeri 5 Yogyakarta rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang tinggi. Hal tersebut juga didukung dari pihak sekolah dengan menjalankan lembaganya secara profesional sehingga dapat mewujudkan output yang baik. Berbagai keberhasilan ini dikarenakan koordinasi yang baik antara sekolah dengan mahasiswa PPL UNY 2014 sehingga dapat mengantarkan keterlaksanaan seluruh program PPL UNY tahun 2014 di SMA Negeri 5 Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:10
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41690

Actions (login required)

View Item View Item