Nasza Arcika, Nasza Arcika (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1 COVER.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan latihan kependidikan bersifat intrakulikuler dan wajib dilakukan oleh mahasisiwa UNY yang bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan dan atau kependidikan yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesi. Kegiatan selama PPL yang berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta antara lain: observasi pra PPL yang meliputi kegiatan observasi fisik dan observasi proses belajar mengajar, praktik mengajar dilakukan pada tanggal 16 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Dalam kegiatan PPL ini, praktikan melakukan praktik mengajar kelas XII IPS 2 dan XII IPS 3 untuk mata pelajaran akuntansi, yang setiap minggunya terdiri dari 3 jam. Dalam praktik mengajar, praktikan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan penugasan. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan selama tiga minggu dengan jadwal yang berubah-berubah dikarenakan ada praktik mengajar yang dilaksanakan selama Bulan Ramadhan yang satu jam pelajarannya hanya 35 menit dan juga ada praktik mengajar yang dilaksanakan pada hari-hari biasa yang dilaksanakan 45 menit untuk satu jam pelajarannya. Materi yang digunakan selama parktik mengajar adalah akuntansi perusahaan dagang (teori), pencatatan transaksi perusahaan dagang dengan jurnal khusus, dan pencatatan transaksi perusahaan dagang dengan buku besar pembantu serta buku besar utama (posting). Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat KBM di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat satuan program diklat yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan KBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Seluruh kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian, hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing, pihak sekolah dan sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 08:00 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |