PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PENDIDIKAN KARAKTER TAAT BERAGAMA ISLAM TENTANG PELAKSANAAN SALAT DAN DOA UNTUK SISWA KELAS II SD DONOTIRTO KASIHAN BANTUL

Anshori, Lingga Bayu (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PENDIDIKAN KARAKTER TAAT BERAGAMA ISLAM TENTANG PELAKSANAAN SALAT DAN DOA UNTUK SISWA KELAS II SD DONOTIRTO KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Lingga Bayu Anshori_12105241027.pdf
Restricted to Registered users only until 2018.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media monopoli taat beragama Islam tentang pelaksanaan salat dan doa yang layak untuk siswa kelas dua SD Donotirto Kasihan Bantul. Media ini diharapkan mampu menjadi alternatif media pembelajaran tentang ketaatan beragama Islam, khususnya dalam ibadah sholat dan doa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan menggunakan modifikasi model Borg & Gall dan Dick & Carey. Langkah-langkah dalam penelitian ini ada delapan yaitu (1) pengumpulan data awal; (2) perencanaan; (3) pengembangan; (4) uji coba awal; (5) revisi produk awal; (6) uji coba lapangan; (7) revisi produk utama; (8) uji coba operasional; (9) revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua SD Donotirto Kasihan Bantul. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, pengamatan, dan angket. Sedangkan metode analisis data pada pengembangan media monopoli ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media monopoli taat beragama Islam tentang pelaksanaan salat dan doa untuk siswa kelas dua SD ini layak. Kelayakan media dibuktikan dengan hasil uji validasi materi (4, 7) dan uji validasi ahli media (4,08). Penilaian kelayakan media juga diperkuat dengan hasil uji coba lapangan awal melibatkan 4 siswa. Hasil uji coba lapangan awal diperoleh persentase sebesar 85,7% sehingga memenuhi kriteria layak. Uji lapangan utama melibatkan 8 siswa diperoleh presentase 94,6%, sedangkan hasil uji coba operasional menghasilkan 95,5%. Hasil keseluruhan penilaian uji coba Media Monopoli Pendidikan Karakter Taat Beragama Islam tentang Pelaksanaan Salat dan Doa untuk siswa kelas dua SD ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 29 Sep 2016 02:45
Last Modified: 30 Jan 2019 11:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41687

Actions (login required)

View Item View Item