PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SUBTEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI LEMPUYANGWANGI

Cahya, Rifky Susseto Vebi (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SUBTEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI LEMPUYANGWANGI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rifky Susseto Vebi Cahya_11105241025.pdf
Restricted to Registered users only until 2018.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif subtema Usaha Pelestarian Lingkungan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Lempuyangwangi. Materi subtema usaha pelestarian lingkungan yang dimuat meliputi menjelaskan dampak kerusakan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi dan mengkombinasikan model penelitian pengembangan dari Borg and Gall dan Dick and Carey. Adapun prosedur pengembangan yang dilakukan yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) Perencanaan berupa teknik analisis produk, 3) Pengembangan produk, 4) Uji coba lapangan awal, 5) Revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) Uji coba lapangan utama, 7) Revisi hasil uji coba lapangan utama, 8) Uji coba lapangan operasional, 9) Revisi akhir produk. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, observasi, dan pretest posttest. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 3 dosen UNY sebagai validator ahli, 59 siswa sebagai subjek uji coba dan uji hasil belajar. Analisis data penelitian menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Perhitungan instrumen untuk para ahli dan uji coba siswa menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif usaha pelestarian lingkungan layak bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Kelayakan media dibuktikan melalui uji validasi oleh ahli materi dengan rerata 4,2 (baik) dan uji validasi oleh ahli media dengan rerata 4,6 (sangat baik). Penilaian kelayakan media juga diperkuat dengan hasil uji coba lapangan awal di SD dengan rerata nilai 4,2 (baik), uji coba lapangan utama dengan rerata 4,5 (sangat baik), serta uji coba lapangan operasional dengan rerata 4,8 (sangat baik), dan uji hasil belajar pretest mendapatkan nilai rerata 48, sedangkan hasil belajar postest menunjukkan nilai rata-rata 85, sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatkan nilai sebesar 37. Jadi, secara keseluruhan hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Usaha Pelestarian Lingkungan dikatakan layak sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 29 Sep 2016 02:43
Last Modified: 29 Sep 2016 02:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41686

Actions (login required)

View Item View Item