Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX dalam Menyelesaikan Materi Persamaan Kuadrat

Sari, Ika Firma Ningsih Dian Prima (2016) Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX dalam Menyelesaikan Materi Persamaan Kuadrat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ika-firma-ningsih-dian-prima-sari-12712251008 - Copy.swf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan: (1) jenis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa, (2) hambatan-hambatan siswa (3) besar kesalahan yang dilakukan siswa, dan (4) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan materi persamaan kuadrat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Lokasi penelitian ini adalah SMP Angkasa Adisutjipto Sleman Yogyakarta yang terletak di Jl. Janti, Lanud Adisutjipto, Caturtunggal, Depok, Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Angkasa Adisutjipto yang terdiri dari siswa IX A, kelas IX B, dan kelas IX C. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah soal tes uraian dan angket. Soal uraian tes materi persamaan kuadrat reliabel karena memilih α=0,05,r_hitung=0,966>r_(t(5%))= 0,355 dan angket dikatakan reliabel karena memilih α=0,05, r_hitung=0,883>r_(t(5%))= 0,355. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas IX SMP Angkasa Adisutjipto dalam menyelesaikan materi persaman kuadrat ditinjau dari aspek pemahaman konsep adalah: (1) siswa tidak merumuskan konsep matematika dengan bahasa atau simbol yang benar, (2) siswa melakukan kesalahan dalam menuliskan teorema atau rumus, (3) siswa melakukan salah dalam menuliskan rumus abc ketika menyelesaikan soal. Lima hambatan terbesar dalam mempelajari materi persamaan kuadrat, yaitu: ruang kelas sebesar (64,06%), kemampuan siswa sebesar (46,25%), penyampaian materi sebesar (30,07%), sikap dan minat siswa terhadap materi persamaan kuadrat sebesar (29,24%), dan motivasi siswa sebesar (25,78%). [Simpulan penelitian ini adalah bahwa salah satu kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas IX SMP Angkasa Adisutjipto dalam menyelesaikan soal persaman kuadrat ditinjau dari aspek pemahaman konsep adalah siswa melakukan kesalahan dalam menuliskan teorema atau rumus.] Saran: adanya temuan kesalahan yang dilakukan siswa dapat dijadikan usaha preventif bagi siswa agar lebih memahami konsep yang ada.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesalahan, persamaan kuadrat, konsep, ketrampilan berhitung
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:25
Last Modified: 26 Sep 2016 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41685

Actions (login required)

View Item View Item