Keefektifan Model Pembelajaran Kolaboratif pada Materi Trigonometri SMA Kelas X dengan Pendekatan Open-Ended Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah dan Kepercayaan Diri Siswa

Nurhayati, Nurhayati (2016) Keefektifan Model Pembelajaran Kolaboratif pada Materi Trigonometri SMA Kelas X dengan Pendekatan Open-Ended Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah dan Kepercayaan Diri Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurhayati-14709251082.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan open-ended dan pendekatan open-ended, Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan open-ended dan pendekatan open-ended pada materi trigonometri ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penyelesaian masalah dan kepercayaan diri siswa SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian dipilih secara acak dari empat kelas yang ada, sehingga diperoleh kelas X MIPA 3 diterapkan model pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan open-ended dan X MIPA 1 diterapkan pendekatan open-ended. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan non tes. Instrumen penelitian ini adalah tes prestasi belajar, tes kemampuan penyelesaian masalah dan angket kepercayaan diri siswa. Koefisien reliabilitas pre-test dan post-test prestasi belajar, kemampuan penyelesaian masalah dan angket kepercayaan diri berturut-turut adalah 0,650; 0,552; 0,737; 0,697 dan 0,917. Untuk Standard Errors of Measurement (SEM) berturut-turut adalah 9,356; 10,446; 8,546; 8,423 dan 4,168. Teknik analisis data terdiri dari: 1) One sample t-test digunakan untuk menyelidiki keefektifan model pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan open-ended dan pendekatan open-ended, dan 2) Multivariate Analysis of Variance (Manova) digunakan untuk menyelidiki apakah terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan open-ended dan pendekatan open-ended. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan open-ended efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penyelesaian masalah dan kepercayaan diri siswa. Sedangkan pendekatan open-ended tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penyelesaian masalah dan kepercayaan diri siswa. Lebih lanjut hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan open-ended lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan open- ended ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penyelesaian masalah dan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kolaboratif, open-ended, prestasi belajar, keefektifan, kepercayaan diri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:45
Last Modified: 09 May 2019 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41683

Actions (login required)

View Item View Item