Manajemen Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Laboratorium Menoreh Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang

Hidayah, Farrah (2016) Manajemen Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Laboratorium Menoreh Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-farrah-hidayah-14703251020.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen tenaga pendidik di SD IT Laboratorium Menoreh, Salaman, Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Tempat dan waktu penelitian adalah SD IT Laboratorium Salaman, Magelang, pada bulan Febuari 2016 hingga Mei 2016. Subjek dalam penelitian ini yaitu ketua Yayasan sebagai key informant, dan beberapa informant yaitu: kepala sekolah, pengawas sekolah, tenaga pendidik, wali murid, dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Perencanaan manajemen tenaga pendidik di SD IT Laboratorium dilaksanakan dengan strategi transparatif dan partisipatif. (2) Rekrutmen tenaga pendidik di SD IT Laboratorium dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan sekolah. (3) Pengembangan tenaga pendidik dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pengembangan dari Yayasan dan pengembangan kedinasan. (4) Pengorganisasian dilakukan oleh kepala sekolah dan berkoordinasi dengan Yayasan dengan menempatkan tenaga pendidik disesuaikan dengan kompetensinya masing-masing, akan tetapi terdapat kendala dominan pada komunikasi antar individu. (5) Pengarahan dilakukan oleh ketua Yayasan berkolaborasi dengan kepala sekolah dilakukan dengan tegas melalui pendekatan formal dan informal akan tetapi ketua Yayasan belum mampu menyentuh lingkungan tenaga pendidik secara keseluruhan. (6) Tindak pengendalian yang sudah dilakukan ketua Yayasan dan kepala sekolah sudah cukup baik dengan saling bekerjasama dalam menindaklanjuti tenaga pendidik yang bermasalah. (7) Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tenaga pendidik di SD IT Laboratorium dilakukan terhadap tenaga kerja yang tidak disiplin dan tidak bertanggung jawab dan diproses dengan prosedur PHK yang telah ditetapkan oleh sekolah

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, sumberdaya manusia, tenaga pendidik.
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:38
Last Modified: 09 May 2019 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41682

Actions (login required)

View Item View Item