LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA N 5 YOGYAKARTA

Dwi Handari, Dwi Handari (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA N 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan latihan kependidikan bersifat intrakulikuler dan wajib dilakukan oleh mahasisiwa UNY yang bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan dan atau kependidikan yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesi. PPL yang berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta dilaksanakan secara terpadu dengan program KKN, sehingga memerlukan pemikiran yang lebih karena praktikan dituntut untuk dapat membagi waktu antara waktu PPL dan program KKN. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka PPL antara lain; observasi pra PPL yang meliputi kegiatan observasi fisik dan observasi proses belajar mengajar, praktik mengajar dilakukan pada tanggal 18 Juli sampai dengan 17 September 2014. Dalam kegiatan PPL ini, praktikan melakukan praktik mengajar kelas XII IPS 2, dan XII IPS 3 untuk mata pelajaran akuntansi, di mana setiap minggu terdiri dari 2 jam. Dalam praktik mengajar, praktikan menggunakan metode penyampaian materi (ceramah), diskusi dan penugasan. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Sabtu (Jam ke 5, 6, 7) dikelas XII Ilmu Pengetahuan Sosial 2 , mengajar perusahaan dagang. Selasa (Jam ke 3, 4, 5) di kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial 3, perusahaan dagang. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat KBM di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat satuan program diklat yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan KBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Seluruh kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian, hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing, pihak sekolah dan sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41678

Actions (login required)

View Item View Item