PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B1 TK ABA GADING LUMBUNG KRETEK BANTUL

Ani Tri, Astuti (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B1 TK ABA GADING LUMBUNG KRETEK BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Ani Tri Astuti PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak menggunakan media papan flanel. Penggunaan media papan flanel ini dapat menarik perhatian anak terhadap pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 Siklus mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak-anak kelompok usia 5-6 tahun di TK ABA Gading Lumbung, Kretek, Bantul yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika hasil 75% dari seluruh anak mencapai kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penjumlahan anak dapat meningkat melalui pembelajaran menggunakan media papan flanel. Kondisi awal kemampuan penjumlahan anak berkembang sangat baik mencapai 15 %. Setelah dilaksanakan tindakan Siklus I, kemampuan penjumlahan anak meningkat pada kriteria berkembang sangat baik dengan presentase 36,6 % dan pada Siklus II sebesar 77,5 % pada kriteria berkembang sangat baik. Langkah-langkah pelaksanaan tindakan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan anak dengan media papan flanel antara lain: 1) menyiapkan media papan flanel yang akan digunakan, 2) memperkenalkan media papan flanel dan menerangkan cara penggunaannya, 3) mengenalkan item-item angka dan gambar benda, 4) memberi kesempatan pada anak untuk mengerjakan di depan kelas, 5) memberikan reward kepada anak, dan 6) memberikan lembar kegiatan untuk mengukur kemampuan penjumlahan anak. Kata kunci: kemampuan penjumlahan, media papan flanel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:28
Last Modified: 30 Jan 2019 11:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41676

Actions (login required)

View Item View Item