Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Ketepatan Pukulan Drive Bulutangkis Siswa Ekstrakurikuler Sma Negeri 2 Muara Enim

Zulhendri, Zulhendri (2016) Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Ketepatan Pukulan Drive Bulutangkis Siswa Ekstrakurikuler Sma Negeri 2 Muara Enim. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zulhendri-14711251005.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan pengaruh metode latihan drill tetap dan drill kombinasi (strokes) terhadap ketepatan pukulan drive pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Muara Enim; (2) perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan koordinasi mata tangan rendah terhadap ketepatan pukulan drive bulutangkis siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Muara Enim; dan (3) Interaksi antara metode latihan dan koordinasi mata tangan terhadap ketepatan pukulan drive bulutangkis siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Muara Enim. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah 37 siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Muara Enim. Sampel penelitian ini 20 siswa. Instrumen untuk mengukur koordinasi mata tangan menggunakan tes lempar tangkap bola tenis dan untuk mengukur ketepatan pukulan drive bulutangkis menggunakan wall volley test. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh metode latihan drill tetap dan drill kombinasi (strokes) terhadap ketepatan pukulan drive bulutangkis siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Muara Enim, yang terbukti dari nilai p = 0,001 < 0,05, metode latihan drill tetap lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan metode latihan drill kombinasi (strokes); (2) ada perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan koordinasi mata tangan rendah terhadap ketepatan pukulan drive bulutangkis siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Muara Enim, yang terbukti dari nilai p = 0,000 < 0,05, siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan siswa koordinasi mata tangan rendah; dan (3) ada interaksi antara metode latihan drill tetap dan drill kombinasi (strokes) dan koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap ketepatan pukulan drive bulutangkis siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 2 Muara Enim, yang terbukti dari nilai p = 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode latihan, drill tetap, drill kombinasi, ketepatan pukulan drive
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:22
Last Modified: 09 May 2019 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41668

Actions (login required)

View Item View Item