Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural dalam Peningkatan Minat Baca dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri Wonosari I Gunungkidul

Megasari, Megasari (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural dalam Peningkatan Minat Baca dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri Wonosari I Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-megasari-14712259022.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural yang layak dalam peningkatan minat baca dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Wonosari 1 Gunungkidul, dan (2) mengetahui efektivitas modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural terhadap minat baca dan keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas IV SDN Wonosari 1 Gunungkidul. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil uji coba awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi hasil uji coba lapangna utama, (8) uji coba lapangan operasional, dan (9) penyempurnaan produk akhir, 10) desiminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri Wonosari I Gunungkidul.Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen wawancara dan observasi, validasi produk, angket respon guru dan siswa, skala minat baca, dan tes keterampilan membaca pemahaman. Keefektifan produk diuji melalui quasi eksperiment. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa modul pembelajaran cerita rakyat tematik integratif berbasis sosiokultural. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural tersebut layak menurut ahli modul dengan kategori “sangat baik” dan ahli materi dengan kategori “baik”. Respon guru dan respon siswa terhadap penggunaan modul pembelajaran berkategori “sangat baik”. Kriteria modul pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran yaitu ketepatan dan kesesuaian baik dari segi isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikkan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural efektif dalam peningkatan minat baca dan keterampilan membaca pemahaman siswa. Hal ini didasarkan hasil uji coba lapangan operasional didapat p<0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan modul pembelajaran dan siswa yang tidak menggunakan modul pembelajaran terhadap minat baca dan keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul, tematik integratif,pembelajaran berbasis sosiokultural, minat baca, keterampilan membaca pemahaman
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:08
Last Modified: 09 May 2019 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41665

Actions (login required)

View Item View Item