PENGARUH PEMBERIAN VARIASI JENIS PUPUK TERHADAP VISITASI SERANGGA PENYERBUK PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

Fathul Arzaqi, Roin (2016) PENGARUH PEMBERIAN VARIASI JENIS PUPUK TERHADAP VISITASI SERANGGA PENYERBUK PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ROIN FATHUL ARZAQI.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi jenis pupuk sebagai modifikasi habitat pada tanaman tomat terhadap kunjungan dan frekuensi kehadiran serangga penyerbuk serta mengetahui lama kunjungan serangga penyerbuk hinggap pada bunga tanaman tomat dengan variasi jenis pupuk tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain RAL (Rancangan Acak Lengkap). Pengamatan dilakukan dengan metode scan sampling (pengamatan secara langsung) pada masing-masing plot. Variabel bebas pada penelitian ini adalah variasi jenis pupuk antara lain pupuk umum (NPK), pupuk kandang (sapi) (PK), pupuk kompos (daun) (PKM), pupuk kascing (PC). Variabel tergayut pada penelitian ini yaitu visitasi dan longevity serangga penyerbuk. Variabel antara yaitu bunga tomat. Variabel kontrol antara lain Jenis tanaman, Jenis tanah, waktu penyiraman. Data yang diperoleh dihitung dengan rumus frekuensi kehadiran untuk melihat presentase kehadiran serangga penyerbuk, kemudian dilakukan analisis one way annova (varian) Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh yang nyata penggunaan variasi jenis pupuk terhadap visitasi dan lama kunjungan serangga penyerbuk (P>0,05). Nilai frekuensi kehadiran tertinggi masing-masing serangga antara lain: Xylocopa virginica 36% dengan kategori jarang, Drosophila sp, Ceratina , famili Megachilidae 4% kategori sangat jarang , dan famili Colletidae 8 % dengan kategori sangat jarang. Kisaran lama kunjungan serangga penyerbuk yang teramati yaitu antara 5-37,1 detik. Serangga dengan waktu kunjungan paling lama pada bunga tomat yaitu spesies Xylocopa virginica dengan waktu kunjungan selama 37,1 detik, sedangkan yang paling cepat selesai berkunjung pada bunga tomat adalah Drosophila sp dan spesies dari famili Megachilidae. Kata kunci: variasi jenis pupuk, tanaman tomat, visitasi, longevity, serangga penyerbuk

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 29 Sep 2016 02:37
Last Modified: 30 Jan 2019 11:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41664

Actions (login required)

View Item View Item