Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar

Astuti, Harini Puji (2016) Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-harini-puji-astuti-14712251011.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) muatan nilai-nilai karakter, dan (2) kesesuaian nilai-nilai karakter antara buku pegangan guru dan buku pegangan siswa kelas IV semester 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Analisis Konten dengan subjek Buku Teks pegangan guru dan siswa kelas IV semester 1 Sekolah Dasar yang terdiri atas empat tema, yaitu tema 1 “Indahnya Kebersamaan”, tema 2 “selalu Berhemat Energi”, tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”, serta tema 4 “Berbagai Pekerjaan”. Sebagai objek penelitian adalah muatan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengkajian dan pencatatan terhadap temuan pada buku teks kurikulum 2013. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa rubrik analisis dokumen. Validitas instrumen pada penelitian ini adalah validitas semantik. Reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabilitas stabilitas dan replikabilitas. Teknik analisis konten terdiri atas enam langkah, yaitu: 1) pengumpulan data, 2) penentuan sampel, 3) pencatatan data, 4) reduksi, 5) penarikan kesimpulan, dan 6) mendeskripsikan hasil penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Buku teks pegangan guru dan siswa kelas IV semester 1 telah mengembangkan nilai karakter religius, jujur, disiplin, peduli, santun, percaya diri, dan tanggung jawab. Nilai karakter dengan frekuensi kemunculan terbanyak yaitu nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri, kemudian diikuti nilai karakter santun dan peduli. Nilai karakter religius memiliki frekuensi kemunculan terendah dari setiap tema. Implementasi nilai karakter yang muncul dalam buku teks pegangan guru dan siswa telah sesuai dengan teknik pembelajaran. Kemunculan terlihat pada buku teks pegangan guru dan siswa dengan memberikan model atau contoh pengembangan nilai dalam kehidupan sehari-hari, melalui kegiatan pembiasaan, mengintegrasikan kompetensi dari berbagai mata pelajaran, melibatkan secara langsung siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan memberikan keteladan. 2) Nilai-nilai karakter yang memiliki kesesuaian dari setiap tema yaitu nilai karakter yang mengembangkan sikap sosial. Nilai karakter tersebut adalah jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, dan percaya diri. Kemudian untuk karakter religius, dan santun ditemukan beberapa ketidaksesuaian pada tema berbagai pekerjaan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai karakter, buku teks, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:00
Last Modified: 09 May 2019 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41663

Actions (login required)

View Item View Item