PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS BERBASIS ADOBE FLASH PRO CS5.5 UNTUK SISWA SMP KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Aghni Wijaya, Aghni (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS BERBASIS ADOBE FLASH PRO CS5.5 UNTUK SISWA SMP KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
PDF DADI.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif dengan aplikasi Adobe Flash CS5 untuk materi menulis surat dinas. Peneliti memilih aplikasi Adobe Flash CS5 karena memungkinkan untuk membuat media pembelajaran interaktif yang terdiri atas fitur yang lengkap agar media yang dikembangkan mampu melibatkan indera penglihatan dan pendengaran siswa secara aktif sehingga proses penyerapan materi menjadi lebih maksimal. Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada prosedur pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan sesuai dengan konteks penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan validasi ahli media, ahli materi, guru bahasa Indonesia tingkat SMP, dan perwakilan siswa kelas VIII SMP N 3 Kasihan, Bantul dengan mengumpulkan data berupa angket penilaian. Analisis yang dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif menggunakan konversi skala 4. Aspek kualitas pembelajaran memiliki rata-rata 3.05 (tingkat kelayakan 76%) yang termasuk dalam kategori sangat layak dan layak digunakan. Aspek penyajian materi pembelajaran memiliki rata-rata 3.115 (tingkat kelayakan 77%) yang termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Berdasarkan penilaian akhir ahli media, aspek desain memiliki rata-rata 3,43 (tingkat kelayakan 85%) yang termasuk dalam kategori sangat layak digunakan, aspek tampilan memiliki rata-rata 3,19 (tingkat kelayakan 79%) yang termasuk dalam kategori sangat layak digunakan, aspek pengoperasian memiliki rata-rata 3,71 (tingkat kelayakan 92%) yang termasuk dalam kategori sangat layak digunakan, aspek kebermanfaatan memiliki rata-rata 3,25 (tingkat kelayakan 81%) yang termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Hasil rata-rata seluruh aspek adalah 3.29 (tingkat kelayakan 82%) yang termasuk dalam kategori sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:23
Last Modified: 28 Sep 2016 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41658

Actions (login required)

View Item View Item