PENGEMBANGAN BUKU PEGANGAN UNTUK GURU: DEMONSTRASI KIMIA BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MATERI TERMOKIMIA, LARUTAN PENYANGGA, DAN HIDROLISIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA/MA

Wirastiti, Athika (2016) PENGEMBANGAN BUKU PEGANGAN UNTUK GURU: DEMONSTRASI KIMIA BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MATERI TERMOKIMIA, LARUTAN PENYANGGA, DAN HIDROLISIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan buku pegangan guru dalam melaksanakan metode demonstrasi kimia berbasis POE (PredictObserve-Explain) untuk materi termokimia, larutan penyangga, dan hidrolisis, dan (2) mengetahui kualitas buku pegangan guru demonstrasi kimia berbasis POE ditinjau dari standar kualitas buku pegangan yang meliputi komponen materi/isi, komponen kelayakan penyajian, komponen kelayakan bahasa dan gambar, serta grafika. Model pengembangan yang digunakan terdiri dari empat tahap yaitu tahap analisis, tahap perencanaan pengembangan, tahap pelaksanaan pengembangan, dan tahap penilaian dan revisi produk. Tahap analisis terdiri dari analisis sasaran dan analisis tujuan. Tahap perencanaan pengembangan terdiri dari penyusunan matriks pengembangan materi dan kisi-kisi instrumen penilaian. Tahap pelaksanaan pengembangan yaitu penyusunan buku pegangan guru dengan materi termokimia, larutan penyangga, dan hidrolisis. Tahap penilaian dan revisi produk dilakukan dengan penilaian oleh ahli materi, ahli pembelajaran, ahli media, tujuh peer reviewer, dan lima guru kimia SMA/MA. Instrumen penilaian buku berupa angket yang berisi 4 aspek, 13 subaspek, dan 42 kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pegangan guru yang dikembangkan ini terdiri dari lembar kerja siswa dan lembar pengayaan guru. Kualitas buku pegangan guru yang telah dikembangkan adalah sangat baik (SB) ditinjau dari keseluruhan aspek kualitas buku. Oleh karena itu, buku ini layak digunakan sebagai pegangan untuk guru dalam pembelajaran kimia SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Sep 2016 06:04
Last Modified: 30 Jan 2019 11:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41652

Actions (login required)

View Item View Item