Wijaya, Prima and Hartono, Hartono (2016) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BLADO - BATANG PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN. S1 thesis, Fakultas Matematika dan IPA.
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (414kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
![]() |
Text
halaman judul.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN 2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN 2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional, ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Blado tahun ajaran 2015/2016 pada pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan pretest-posttest dengan dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu sebagai kelas kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Blado, dan sampelnya adalah seluruh siswa dari kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe TAI dengan pendekatan kontekstual dan seluruh siswa dari kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test (uji-t). Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan rata-rata gain score siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada rata-rata gain score kelas kontrol. Hal ini berarti hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP dilihat dari hasil belajar siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 08:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |