PERANAN GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK BERKARYA SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH KOTA MUNGKID KABUPATEN MAGELANG

Pahlawani, Luthfi Dwi (2016) PERANAN GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK BERKARYA SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH KOTA MUNGKID KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
Luthfi Dwi Pahlawani (09207244016 ).pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peranan guru kelas dalam pembelajaran praktik berkarya seni budaya dan keterampilan pada siswa Sekolah Dasar di daerah Kota Mungkid Kabupaten Magelang, yang meliputi aspek persiapan perencanaan pembelajaran, materi pembelajaran, dan proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar di daerah Kota Mungkid Kabupaten Magelang yang melaksanakan pembelajaran praktik berkarya Seni Budaya dan Keterampilan ( SDN Mendut, SDN Sawitan, SDN Deyangan 1, SDN Deyangan 2, dan SDN Deyangan 4, SDN Pasuruhan 1, SDN Bumirejo 1, SDN Bumirejo 2, Mi Mendut, Mi Annur Deyangan) pada bulan Desember 2013- Februari 2014. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 4,5,6 di Sekolah Dasar tersebut (30 orang). Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, pengamatan langsung, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah memahami data, mereduksi data, mengelompokkan data, mengkategorikan data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) aspek persiapan perencanaan pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dari 10 SD yang di teliti terdapat 2 sekolah (MI Mendut dan MI Annur Deyangan) yang menyiapkan perangkat pembelajaran dengan baik dan benar sesuai prosedur, (2) aspek materi pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan terdapat 4 sekolah (SDN Mendut, SDN Sawitan, SDN Pasuruhan, dan SDN Deyangan 1) yang melakukan pengembangan materi sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang diampu, dan (3) pada aspek proses pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan terdapat 4 sekolah (SDN Deyangan 2, SDN Deyangan 4, SDN Bumirejo 1, SDN Bumirejo 2) yang memiliki proses pembelajaran terkonsep sesuai dengan kapasitas siswa dan lingkungan sekitar yang kreatif dan inovatif, sehingga tercipta suasana pendidikan yang produktif dan kondusif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Kerajinan
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:14
Last Modified: 30 Jan 2019 11:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41639

Actions (login required)

View Item View Item