Evaluasi Pelaksanaan Program PLPG Sertifikasi Guru IPS Rayon 11 Universitas Negeri Yogyakarta

Setiawan, Risky (2011) Evaluasi Pelaksanaan Program PLPG Sertifikasi Guru IPS Rayon 11 Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-risky-setiawan-09701251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keefektifan program PLPG sertifikasi guru IPS rayon 11 Universitas Negeri Yogyakarta; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja peserta dalam pelaksanaan program PLPG sertifikasi guru IPS; dan (3) sistem penilaian dan pembobotan pada tiap komponen kelulusan program sertifikasi guru berdasarkan data empiris. Jenis penelitian adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP yaitu mencari efektifitas input, proses dan output. Objek penelitian adalah 100 guru IPS yang mengikuti diklat PLPG rayon Yogyakarta. Instrumen kuesioner divalidasi dengan uji validitas konstruk menggunakan expert judgment dan analisis faktor konfirmatori. Analisis ratings digunakan untuk menguji reliabilitas instrumen observasi. Keefektifan program dianalisis dengan statistik deskriptif, faktor yang mempengaruhi dengan analisis faktor, dan pembobotan kelulusan dengan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) keefektifan program PLPG pada ketiga komponen evaluasi yaitu: a) keefektifan input: motivasi peserta masuk kategori sangat tinggi (87%), persiapan instruktur masuk kategori baik (80%) dan persiapan panitia masuk kategori baik; b) keefektifan proses: aktivitas peserta dalam kelas masuk kategori baik (81%) sementara berdasar kuesioner menunjukkan baik (80%), performa guru dari peer teaching I dan II mengalami peningkatan sebesar 10,18%, kinerja instruktur dalam pembelajaran termasuk kategori baik sekali (85,7%), sedangkan performa instruktur dengan kategori baik (74,04%); c) keefektifan output: kebermanfaatan program dengan hasil 87,7%, skor rata-rata telah menunjukkan hasil yang efektif dengan ujian tulis >60,00 dan ujian praktik >70,00. (2) faktor yang mempengaruhi kinerja peserta adalah: motivasi, aktivitas, sarana prasarana, kebermanfaatan, dan instruktur sedangkan faktor dominan adalah aktivitas. (3) sistem penilaian dan pembobotan pada tiap komponen kelulusan dengan hasil regresi berdasar data empiris adalah sebagai berikut. a) Skor Ujian Tulis=48, dengan beta 0,708; b) Skor Ujian Praktik=31,9, dengan beta 0,542; c) Skor Pembelajaran=2,8, dengan beta 0,108; d) Skor Teman Sejawat=17,15, dengan beta 0,432; dengan skor yang paling berpengaruh adalah skor ujian tulis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, program PLPG
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2016 11:43
Last Modified: 03 Aug 2022 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41631

Actions (login required)

View Item View Item