PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SD ISLAM TERPADU INSAN UTAMA KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Khusnaya, Qonita (2016) PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SD ISLAM TERPADU INSAN UTAMA KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Qonita Khusnaya_12110241038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk-bentuk partisipasi orangtua dalam program full day school di SDIT Insan Utama Kasihan Bantul; (2) faktor pendukung dan faktor penghambat partisipasi orangtua dalam program full day school di SDIT Insan Utama Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orangtua siswa SDIT Insan Utama, sedangkan informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, ketua komite sekolah, dan guru SDIT Insan Utama. Setting penelitian yaitu SDIT Insan Utama beralamat di Dusun Gatak, Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan dari Milles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode triangulasi data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk keterlibatan orangtua dalam program- program unggulan full day school SDIT Insan Utama terdiri dari dua macam yaitu partisipasi fisik dan non fisik. Bentuk partisipasi fisik orangtua meliputi: partisipasi secara finansial, tenaga, kehadiran dan keahlian; sedangkan bentuk partisipasi non fisiknya meliputi: dukungan orangtua secara moril bagi anak, jalinan komunikasi yang baik antara orangtua dengan sekolah, dan pemahaman serta pemberian saran dari orangtua terkait pelaksanaan program. 2) Faktor yang mempengaruhi partisipasi orangtua dalam program-program unggulan full day school di SDIT Insan Utama terdiri dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya antara lain: adanya kesadaran dan tanggung jawab orangtua, adanya kemauan dan kebutuhan orangtua, penghasilan orangtua yang mencukupi, serta terjalinnya komunikasi yang baik antara orangtua dan sekolah. Faktor penghambatnya antara lain: keterbatasan waktu orangtua, karakteristik orangtua yang beragam, serta peran ibu yang lebih dominan dalam pendidikan anak di sekolah. Kata kunci: Partisipasi orangtua, full day school.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:12
Last Modified: 30 Jan 2019 11:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41629

Actions (login required)

View Item View Item