PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH EFEKTIF DI SMA NEGERI 2 WONOGIRI

Prasetya, Abumi Prahoro (2016) PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH EFEKTIF DI SMA NEGERI 2 WONOGIRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Abumi Prahoro Prasetya_12110244010.pdf
Restricted to Registered users only until 2019.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Komite Sekolah dalam Pengembangan Sekolah Efektif di SMA Negeri 2 Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pengurus Komite Sekolah, wakil kepala sekolah, guru, orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu konsep dari Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran komite sekolah dalam pengembangan sekolah efektif di SMA Negeri 2 Wonogiri dilakukan melalui peran Komite Sekolah sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan kontrol dan badan mediator. Peran Komite Sekolah dalam pengembangan sekolah efektif di SMA Negeri 2 Wonogiri telah berjalan, meskipun masih ada beberapa kekurangan. Peran Komite Sekolah dalam pengembangan sekolah efektif di SMA Negeri 2 Wonogiri dapat dilihat ketika rapat koordinasi dan pertemuan-pertemuan rutin, seperti dalam penyusunan dan pengesahan RAPBS, program sekolah, perencanaan pembangunan, dan sarana prasarana sekolah. Kata kunci: Peran Komite Sekolah, Pengembangan Sekolah Efektif, SMA Negeri 2 Wonogiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 05:33
Last Modified: 30 Jan 2019 11:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41628

Actions (login required)

View Item View Item