PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN

Fandi Kurniawan, Fandi (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN - Fand.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Dalam penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari beberapa komponen utama, yaitu: (1) tujuan pembelajaran menulis puisi keindahan alam kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan, (2) materi pembelajaran menulis puisi keindahan alam kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan, (3) metode pembelajaran menulis puisi keindahan alam kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan, (4) media pembelajaran menulis puisi keindahan alam kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan, dan (5) evaluasi pembelajaran menulis puisi keindahan alam kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan yang mencakup proses, metode, media, materi, dan evaluasi pembelajaran menulis puisi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengamatan berpartisipasi, wawancara secara mendalam, dan analisis dokumen. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskripsi kualitatif, dengan tahapan perbandingan antardata, kategorisasi, penyajian data, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, tujuan pembelajaran keterampilan menulis puisi SMP Muhammadiyah 2 Kalasan sudah terlaksana dengan baik karena sudah sesuai RPP. Tujuan pembelajaran menulis puisi sesuai yang tercantum dalam RPP adalah (1) siswa dapat menulis larik-larik puisi yang berisi keindahan alam. (2) siswa mampu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik. Materi pembelajaran keterampilan menulis puisi kelas VII sesuai dengan pedoman silabus dan RPP yaitu KD 16.1 menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam. Sumber materi yang digunakan yaitu buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia dan beberapa contoh puisi. Metode pembelajaran keterampilan menulis puisi kelas VII yang digunakan oleh guru adalah kombinasi antara metode ceramah, inkuiri, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Pelaksanaan metode pembelajaran di kelas sesuai dengan RPP yang disusun oleh guru. Media yang digunakan adalah poster, puisi, buku dan papan tulis. Evaluasi pembelajaran keterampilan menulis puisi kelas VII dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Bentuk instrumen berupa soal uraian sesuai dengan yang tertulis dalam RPP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 27 Sep 2016 04:13
Last Modified: 30 Jan 2019 11:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41625

Actions (login required)

View Item View Item