PROSES KREATIF PRODUKSI PEMENTASAN DRAMA “CALIGULA” OLEH KELOMPOK EKSTRAKURIKULER TEATER JUBAH MACAN DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Furika Tri Jayanti, Furika (2016) PROSES KREATIF PRODUKSI PEMENTASAN DRAMA “CALIGULA” OLEH KELOMPOK EKSTRAKURIKULER TEATER JUBAH MACAN DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses kreatif Teater Jubah Macan di SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam produksi pementasan drama Caligula. Deskripsi proses kreatif pementasan drama didasarkan atas empat tahap proses kreatif produksi teater, yaitu (1) tahap pemilihan dan penafsiran naskah, (2) tahap penggarapan, (3) tahap pementasan, dan (4) tahap penikmatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi anggota Teater Jubah Macan di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian difokuskan pada proses kreatif Teater Jubah Macan dalam produksi pentas besar drama Caligula, yang dilihat dari berbagai aspek dalam tahap proses kreatif. Pemerolehan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui trianggulasi data dan trianggulasi sumber. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh deskripsi hasil sebagai berikut. Pertama, pada tahap pemilihan dan penafsiran naskah, Teater Jubah Macan melakukan pencarian naskah di gedung Taman Budaya Yogyakarta. Naskah drama Caligula dipilih dengan mempertimbangkan kemenarikan isi cerita, kemudahan penggarapan, dan amanat yang terkandung di dalamnya. Penafsiran dan penyuntingan naskah dilakukan oleh tim sutradara dengan dibantu oleh supervisor dan alumni. Terdapat pemotongan dialog, perubahan bahasa, dan penambahan jumlah tokoh agar sajian cerita lebih menarik. Kedua, pada tahap penggarapan, tindakan awal yang dilakukan oleh Teater Jubah Macan adalah menentukan pimpinan produksi dan sutradara utama melalui votting. Setelah keduanya terpilih, disusul dengan menentukan aktor yang dilakukan melalui casting by ability dan casting to type sehingga terpilihlah dua puluh lima aktor. Pada tahap ini, Teater Jubah Macan juga membentuk tim kerja yang dipilih melalui open recruitment. Untuk mendukung pelaksanaan pementasan, Teater Jubah Macan melakukan publikasi melalui berbagai media partner baik radio, televisi, maupun koran. Ketiga, pada tahap pementasan, Teater Jubah Macan menyajikan konsep dekorasi, tata busana, tata rias, dan iringan musik yang mengangkat suasana Romawi. Seluruh konsep tata pementasan digarap oleh Teater Jubah Macan. Keempat, pada tahap penikmatan, sebagain besar penonton memberikan komentar positif terhadap pementasan yang disajikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 23 Sep 2016 05:57
Last Modified: 30 Jan 2019 11:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41624

Actions (login required)

View Item View Item