PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MACROMEDIA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI POKOK FLUIDA

Sabrina, Alif and Istiyono, Edi (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MACROMEDIA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI POKOK FLUIDA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan IPA.

[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen penilaian berbasis Macromedia yang layak untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik SMA dan (2) untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model R&D. Perangkat penelitian ini adalah kisi-kisi soal, soal pilihan ganda dalam apikasi macromedia, lembar validasi dan lembar penilaian. Instrumen soal dianalisis dengan mencari indek V Aiken, kecocokan butir, estimasi reliabilitas, tingkat kesukaran butir, fungsi informasi, dan standard error measurement (SEM). Validitas media dianalisis dengan menggunakan CVR-CVI dan reliabilitas dengan ICC. Angket respon peserta didik dianalisis dengan menghitung persentase kemudian dikategorikan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Instrumen penilaian berbasis Macromedia layak dikembangkan untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik telah memenuhi validitas isi dengan expert judgment dan telah mendapatkan bukti empiris fit dengan Partial Credit Model (PCM). Tingkat kesukaran butir soal berada pada rentang -1,99 sampai dengan 1,32 yang termasuk kategori baik. Instrumen penilaian berbasis macromedia telah memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,97 yang termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan fungsi informasi, instrumen penilaian berbasis macromedia sangat tepat digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik yang berkemampuan dari -1,6 sampai 2,0. Aplikasi penilaian berbasis macromedia mendapatkan nilai CVI sebesar 1,00 yang termasuk kategori sangat baik dengan reliabilitas sebesar 0,840 yang termasuk kategori istimewa. Berdasarkan angket respon peserta didik didapatkan hasil sebesar 63,82% menyatakan baik dan 33,94% menyatakan sangat baik. (2) Berdasarkan analisis data diperoleh nilai cut score sebesar 57 dengan tingkat ketuntasan 43% serta diperoleh hasil rata-rata sebesar 55 dengan simpangan baku

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Sep 2016 05:37
Last Modified: 06 Mar 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41619

Actions (login required)

View Item View Item