KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 DITINJAU DARI PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, DUKUNGAN KELUARGA, SOFT SKILLS DAN PRESTASI BELAJAR

Suhaeri, Suhaeri (2012) KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 DITINJAU DARI PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, DUKUNGAN KELUARGA, SOFT SKILLS DAN PRESTASI BELAJAR. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Suhaeri 05502241001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha; (2) dukungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha; (3) soft skills terhadap kesiapan berwirausaha; (4) prestasi belajar terhadap kesiapan berwirausaha; (5) pengaruh pengetahuan kewirausahaan, dukungan keluarga, soft skill dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XII program keahlian teknik audio video SMK Piri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Piri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 siswa. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk semua variabel. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan analisis deskriptif dan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi product moment dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif antara pengetahuan kewirausahaan(X1) dengan kesiapan berwirausaha siswa (Y) yang ditunjukkan koefisien r = 0,639. Koefisien determinasi (r2) = 0,408 dan ditunjukkan dengan persamaan Y= 27,099 + 0,877 X. (2) ada hubungan positif antara dukungan keluarga (X2) dengan kesiapan berwirausaha siswa (Y) yang ditunjukkan koefisien r = 0,644. Koefisien determinasi (r2) = 0,415 dan ditunjukkan dengan persamaan Y= 42,00 + 0,777 X. (3) ada hubungan positif antara soft skills (X3) dengan kesiapan berwirausaha siswa (Y) yang ditunjukkan koefisien r = 0,344. Koefisien determinasi (r2) = 0,118 dan ditunjukkan dengan persamaan Y= 20,217 + 0,160 X. (4) ada hubungan positif antara prestasi belajar (X4) dengan kesiapan berwirausaha siswa (Y) yang ditunjukkan koefisien r = 0,237. koefisien determinasi (r2) = 0,056 dan ditunjukkan dengan persamaan Y= 18,889 + 0,188 X. (5) ada hubungan positif antara pengetahuan kewirausahaan(X1), dukungan keluarga(X2), soft skills(X3) dan prestasi belajar(X4) secara bersama-sama terhadap kesiapan berwirausaha siswa (Y) yang ditunjukkan koefisien regresi ganda Rxy(1,2,3,4) sebesar 0,921. koefisien determinasi (r2) = 0,848 dan ditunjukkan dengan persamaan Y= 13,402 + 0,746X1 + 0,471X2 + 0,122X3 – 0483X4

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Sep 2016 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 11:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41599

Actions (login required)

View Item View Item