PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN PENGONTROLAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PLAT DAN LAS BUSUR MANUAL

Andriyanto, Sugeng (2016) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN PENGONTROLAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PLAT DAN LAS BUSUR MANUAL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SUGENG A 10503242003.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN PENGONTROLAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PLAT DAN LAS BUSUR MANUAL Penelitian ini bertujuan pembelajaran mata diklat praktik plat dan las dengan metode demonstrasi dengan pengontrolan proses dan kelas yang diberi perlakuan kelas tanpa diberi perlakuan Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas XI TFL 1 dan TFL 2 SMK Negeri 1 Seyegan berjumlah 34 dan 35 siswa. Experimen Design deng James H. McMillan dan Sally Schumacher ekperimen, diberi perlakuan 2 merupakan kelas kontrol, tanpa diberi perlaku pengontrolan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa yang diberi metode demonstrasi dengan pengontrolan proses. data nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas TFL 1 (kelas eksperimen) semula 77,79 meningkat menjadi TFL 2 (kelas kontrol) tanpa perlakuan metode demonstrasi dengan pengontrolan proses juga mengalami peningkatan namun hanya sedikit, dari 2) Perbedaan prestasi belajar mata pelajaran praktik plat dan las busur antara kelas yang diberi perlakuan metode demonstrasi dengan pengontrolan proses dengan kelas yang tanpa diberi perlakuan metode demonstrasi dengan pengontrolan proses terjadi sangat signifikan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari hasil kelas TFL 1 (kelas eksperimen) diperoleh nilai rata kelas TFL 2 (kelas kontrol) diperoleh nilai rata Kata kunci: penerapan, metode demonstrasi, prestasi belajar ABSTRAK DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN Oleh Sugeng Andriyanto NIM 10503242003 untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada perbandingan prestasi belajar praktik plat dan las antara metode demonstrasi dengan pengontrolan proses metode demonstrasi dengan pengontrolan proses. Desain penelitian yang digunakan adalah dengan skema Non-Equivalent Control Group Design Schumacher. Siswa kelas XI TFL 1 merupakan kelas metode demonstrasi dengan pengontrolan dan siswa TFL perlakuan metode demonstrasi dengan bahwa: 1) Terdapat peningkatan prestasi belajar 89,79. Perolehan nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas roses 76,80 menjadi postest kedua kelas, pada rata-rata 89,79, sedangkan pada kelas rata-rata 79,63. dan Quasi model an Diperoleh 79,63

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Sep 2016 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 11:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41594

Actions (login required)

View Item View Item