LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

RIASTUS NAYANTI, RIASTUS NAYANTI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT MEKATRONIKA_11518241009_RIASTUS NAYANTI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh Mahasiswa S1 kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik pengalaman lapangan memiliki bobot sebayak 3 SKS lapangan. Praktik pengalaman lapangan mempunyai mata kuliah prasyarat yaitu mata kuliah mikro teaching dan beberapa mata kuliah pendidikan yang lainnya. Praktik pengalaman lapangan melibatkan instansi lembaga lain yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Pada kesempatan kali ini praktikan diberi kesempatan untuk melakukan praktik pengalaman lapangan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sebelum melakukan PPL terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah bermaksud untuk mengetahui kondisi pada saat mengajar di kelas, cara mengajar, karakter siswa dan media pembelajaran yang digunakan. Kegiatan PPL dilakukan tanggal 1 Juli sampai 18 September 2014. Sebelum mengajar praktikan membuat administrasi guru berupa RPP, silabus, prota, prosem dan lain-lain. Mata diklat yang diampu praktikan adalah Penerapan Rangkaian Elektronika kelas XI jurusan Teknik Audio Video. Dalam satu kali tatap muka adalah 8 jam pelajaran dan terjadwalkan hari Sabtu. Dari kegiatan PPL ini dapat diambil pengalaman secara nyata untuk menjadi seorang guru baik dalam persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, evaluasi, menghadapi siswa-siswa yang berbeda-beda karakternya dan menghadapi berbagi hambatan yang menghadang pada saat pebelajaran untuk mejadi guru yang professional..

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Sep 2016 01:40
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41593

Actions (login required)

View Item View Item