IMPLEMENTASI PROGRAM LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI PENDUKUNG KEBIJAKAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP N 1 SEWON

Wulandari, Andriani Tri (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI PENDUKUNG KEBIJAKAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP N 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Andriani Tri Wulandari_12110241036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Proses perencanaan program Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) di SMP N 1 Sewon; (2) Implementasi program LSBS sebagai pendukung kebijakan peningkatan mutu pendidikan di SMP N 1 Sewon; dan (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan program LSBS sebagai pendukung kebijakan peningkatan mutu pendidikan di SMP N 1 Sewon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP N 1 Sewon selama bulan Februari-Mei 2016. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Ketua atau Koordinator LSBS, Guru, dan Siswa. Objek penelitian ini mengenai implementasi program LSBS sebagai pendukung kebijakan peningkatan mutu pendidikan di SMP N 1 Sewon. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan, reduksi, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses perencanaan program Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) dilakukan oleh warga sekolah secara mandiri, yang dimulai dengan membuat skala prioritas kebutuhan program, kemudian dilanjutkan dengan membuat tim pelaksana program; (2) Implementasi program LSBS sebagai pendukung kebijakan peningkatan mutu pendidikan di SMP N 1 Sewon dimulai dengan tahap plan, yaitu merencanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kemudian dilanjutkan dengan tahap do, yaitu menerapakan rancangan pembelajaran yang secara langsung diamati oleh kepala sekolah dan guru serumpun. Hasil observasi tersebut kemudian dijadikan sebagai bahan refleksi pada tahap see, yaitu mendiskusikan bagaimana aktivitas belajar siswa bukan pada bagaimana guru model dalam mengajar; dan (3) Faktor pendukung implementasi program LSBS di SMP N 1 Sewon, antara lain: kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing pihak yang berpartisipasi, anggaran dana, ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, serta komitmen dari semua pihak yang berpartisipasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu yang miliki oleh masing-masing guru. Kata Kunci: Lesson Study Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 11:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41590

Actions (login required)

View Item View Item